DowncityjsDowncityjs

Cara Menjaga Koi Tetap Sehat

27 August 2019 / Ikan

Menjaga Koi tetap sehat bisa menyulitkan pendatang baru dalam hobi. Sangat mudah untuk bingung dengan begitu banyak informasi yang tersedia. Salah satu masalah utama yang saya temui ketika saya pertama kali tertarik pada hobi ini adalah orang yang memberi saran tentang koi yang pengetahuannya didasarkan pada pengalaman mereka dalam memelihara kolam taman, kolam koi sangat berbeda karena koi tumbuh jauh lebih besar daripada ikan mas misalnya.

Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai panduan lengkap untuk memelihara koi, tetapi beberapa poin untuk dipertimbangkan dan diteliti lebih lanjut.

Kualitas Air Kolam Koi

Kualitas air adalah kunci kesejahteraan ikan koi. Koi ingin lingkungan mereka stabil, fluktuasi suhu dan perubahan PH akan melemahkan sistem kekebalan tubuh koi membuat mereka rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Elemen kunci untuk kualitas air yang baik dan kesehatan koi adalah;

Kolam yang cukup besar yang tidak terlalu penuh
Sistem filtrasi yang memadai
Kolam yang dirancang dengan baik dengan sirkulasi yang baik dan tidak ada titik mati di mana bakteri berbahaya dapat hidup
Banyak Oksigen
Rezim pemeliharaan kolam yang teratur

Ukuran Kolam Koi

Koi berpotensi ikan yang cukup besar, koi yang sehat harus tumbuh sekitar 2-3 kaki panjangnya. Semakin besar dan lebih dalam kolam semakin baik tetapi sebagai minimum Anda tidak harus berpikir tentang menempatkan koi di kolam yang setidaknya 1.500 galon dengan kedalaman rata-rata sekitar 4 kaki. Kedalaman air cukup penting karena kolam dangkal akan lebih cenderung mengalami perubahan suhu mendadak, terutama di musim semi dan musim gugur yang merupakan tahun-tahun ketika koi sering menderita kesehatan yang buruk. Jika Anda bisa, t membangun kolam yang sesuai dengan ukuran ini Anda harus mempertimbangkan ikan mas atau ikan kolam umum lainnya yang akan senang di lingkungan yang jauh lebih kecil. Terlalu banyak menimbun kolam koi adalah masalah umum, kolam seukuran ini berpotensi menyimpan sekitar 5 atau 6 koi. Lebih dari ini dan tidak peduli seberapa bagus filter kolam Anda, Anda kemungkinan akan menderita masalah kesehatan yang berkelanjutan dengan ikan Anda, khususnya infestasi parasit.

Filtrasi Kolam Koi

Sistem penyaringan kolam koi yang sesuai harus dipasang. Lakukan riset sebelum membeli unit filtrasi Anda karena banyak filter kolam yang dijual tidak dirancang untuk koi. Jumlah makanan dan limbah yang dihasilkan berarti filter yang dirancang untuk kolam taman yang khas tidak akan mampu mengatasinya.

Filter yang dirancang untuk kolam koi biasanya akan memiliki semacam area pemukiman untuk limbah padat yang akan dihilangkan sebelum memasuki area filtrasi biologis. Biasanya Anda akan mengalirkan air kolam melalui filter setiap 2 jam, jadi pilihan pompa kolam Anda harus dipertimbangkan. Air yang mengalir terlalu cepat akan menghasilkan kualitas air yang buruk.

Kolam Koi Dirancang Dengan Baik

Kolam koi yang dirancang dengan baik tidak akan memiliki tepi tajam di mana koi dapat merusak diri mereka sendiri dan sirkulasi air yang baik. Pertimbangkan daerah mana dari kolam tempat Anda memompa air dan di mana air kembali, misalnya Anda tidak ingin pompa Anda langsung di bawah air terjun Anda!

Kolam yang memasok filter melalui gravitasi biasanya lebih disukai daripada sistem pompa makan. Meskipun lebih sulit untuk dibangun, hasil akhirnya jauh lebih unggul dan kolam akan lebih mudah dipelihara.

Kolam koi umumnya memiliki kehidupan tanaman yang sangat sedikit, koi akan makan dan menggali sebagian besar tanaman kolam membuat kekacauan di lingkungan.

Tingkat Oksigen Yang Baik

Diperlukan banyak oksigen, biasanya air terjun yang baik akan menghasilkan cukup tetapi pompa udara tersedia secara luas.

Perawatan Kolam

Filter Anda perlu dibersihkan secara teratur, saya membersihkan tambang setiap minggu selama bulan-bulan musim panas. Ini adalah pertimbangan utama ketika memilih filter kolam Anda karena beberapa filter bisa lebih sulit daripada yang lain untuk dibersihkan. Makanan berlebih, dedaunan mati, lumpur dan benda-benda lain yang tidak diinginkan harus dikeluarkan dari kolam secara teratur.

Related Post to Cara Menjaga Koi Tetap Sehat

Apa dan Kapan Memberi Makan Piranha Kesayangan Anda
4 March 2019

Apa dan Kapan Memberi Makan Piranha Kesayangan Anda

Apa yang harus Anda beri makan piranha peliharaan Anda? Untuk beberapa yang mungkin tampak jelas, beri mereka makan sesuatu dengan benar? Tidak terlalu. Sama seperti manusia, Anda harus memastikan bahwa...

Apakah Aman Memberi Makan Koi di Bulan-Bulan Musim Dingin
27 August 2019

Apakah Aman Memberi Makan Koi di Bulan-Bulan Musim Dingin

Banyak orang menganjurkan untuk tidak memberi makan koi di bawah suhu tertentu, biasanya sekitar 50 ° F, logika untuk ini adalah bahwa tingkat metabolisme koi melambat ketika suhu turun, waktu...

Tanaman Terbaik Untuk Kolam Koi
21 July 2019

Tanaman Terbaik Untuk Kolam Koi

Sekarang setelah kolam koi Anda selesai, setelah semua kerja keras Anda membangunnya, sekarang saatnya untuk memikirkan jenis tanaman apa yang akan dipilih untuk membuat taman air tampak seperti yang Anda...

Tips Memilih Ikan Hias Untuk Aquarium Anda
7 March 2019

Tips Memilih Ikan Hias Untuk Aquarium Anda

Memilih jenis ikan hias yang tepat untuk akuarium bisa menjadi tugas yang cukup menakutkan. Namun, dengan tips dan informasi yang tepat, dimungkinkan untuk memilih jenis ikan apa saja yang cocok...

Perawatan Ikan Mas - Cara yang Luar Biasa untuk Mengajari Anak-Anak
20 March 2019

Perawatan Ikan Mas – Cara yang Luar Biasa untuk Mengajari Anak-Anak

Hidup berjalan dengan cepat. Sangat menyenangkan untuk benar-benar berhenti dan 'mencium bau mawar' seperti pepatah lama. Begitu sibuk menyuruh anak-anak pergi ke sekolah, pergi kerja, setelah kegiatan sekolah, sepak bola,...