August 27, 2019

Jika Anda seorang penggemar pengamat burung Australia yang berpengalaman, maka tidak diragukan Anda telah mendengar tentang Gouldian Finch, bahkan jika Anda belum memiliki hak istimewa untuk melihatnya di alam liar. Burung yang spektakuler ini telah mendapatkan banyak perhatian media dalam beberapa tahun terakhir karena jumlahnya yang menurun, karena berkurangnya habitat. Banyak pengamat burung setuju bahwa burung finch ini adalah burung berwarna paling spektakuler di Australia. Ada sejumlah organisasi yang telah mengambil untuk melestarikan habitat makhluk luar biasa ini. Penelitian terbaru menemukan bahwa hanya ada sekitar 2.500 Gouldian Finch yang hidup di alam liar.

Deskripsi

Burung kecil mendapatkan namanya dari John Gould, penemu burung. Diambil oleh keindahan burung berdada ungu, dia menamakannya Lady Gouldian. Dengan ciri bulu ungu, dada berbulu kuning dan punggung hijau, burung kecil ini sulit dikira.

Diet

Sebagai rumput-finch, sumber makanan utama Gouldian Finch berasal dari benih rumput asli atau semi-matang. Yang menarik selama beberapa bulan selama tahun ini, burung itu mengubah pola makannya untuk mengatasi tugas berat membesarkan anak-anaknya. Selama bulan-bulan ini, makanan burung terutama terdiri dari serangga kecil, yang memberinya nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama periode yang penuh tekanan ini.

Lokasi Habitat

Ini benar-benar sebuah tragedi ketika seseorang mempertimbangkan habitat luas yang pernah dihuni oleh Gouldian Finch, berbeda dengan daerah kecil yang dihuni sekarang. Banyak pengamat burung awalnya berpikir bahwa jumlah Finch Gouldian jatuh di alam liar karena individu menangkap burung untuk hewan peliharaan. Sejak saat itu, penelitian menunjukkan bahwa berkurangnya habitat, dan pola kebakaran yang tidak teratur menjadi penyebab utama berkurangnya habitat. Saat ini burung finch hanya dapat ditemukan di alam liar di Top End Wilayah Utara Australia. Mike Jarvis, salah satu pemandu pengamatan burung yang paling disegani di Australia, secara teratur melakukan tur melalui distrik Mary River dan South of Pine Creek di musim kemarau, dengan sukses besar dengan bercak biasa burung langka ini. Jika Anda dapat menjelajahi wilayah ini, awasi burung pipit di hutan terbuka dekat sumber air. Ada bukti anekdotal bahwa mereka sering terlihat di dekat rumput tombak asli.

Bagaimana Membantu Finch Gouldian

Banyak sukarelawan yang baik hati secara teratur memantau lubang air lokal di habitat asli Gouldian Finch untuk mengawasi pengamatan. Semakin banyak informasi yang dapat dikumpulkan organisasi dari para sukarelawan pengamat burung di habitat Gouldian Finch, semakin banyak yang dapat mereka bantu lindungi lingkungan itu. Selain itu, individu dapat mengambil langkah-langkah aktif untuk memastikan bahwa habitat burung saat ini dilindungi, dan melaporkan setiap kegiatan yang merusak daerah tersebut.

Ada bintik-bintik baru dari Gouldian Finch di Semenanjung Dampier di Australia Barat. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini bukan populasi burung yang telah pindah ke daerah tersebut, tetapi populasi yang sebelumnya belum ditemukan. Populasi yang berkembang biak ini menunjukkan pentingnya para pengamat burung amatir yang melaporkan penampakan Gouldian Finch, karena daerah ini sekarang merupakan kawasan lindung. Dengan kepedulian dan kesadaran publik yang berkelanjutan, generasi-generasi Australia akan dapat menikmati melihat burung yang paling luar biasa ini di padang rumput Australia.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *