August 27, 2019

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah infeksi berbeda termasuk virus, bakteri, jamur, parasit atau bahkan sesuatu yang telah dihirup. Ini bisa serius dan bahkan mengancam nyawa, terutama jika tertangkap ketika infeksi lain hadir dalam tubuh.

Penyebab dan gejala

Pneumonia kadang-kadang merupakan infeksi sekunder dari penyakit lain, menyelinap masuk ketika sistem pernapasan melemah oleh infeksi lain. Anak kucing, kucing yang lebih tua dan mereka yang memiliki penyakit yang menekan sistem kekebalan tubuh mereka paling berisiko tertular penyakit, seperti juga mereka yang memiliki masalah pernapasan yang sudah berlangsung lama seperti bronkitis kronis.

Penyebab potensial lain dari kondisi ini termasuk aspirasi bahan asing ketika muntah, kadang-kadang terjadi ketika kucing berada di bawah anestesi serta selama pemberian obat-obatan tanpa keterampilan yang benar. TBC dan infeksi jamur sistemik juga jarang menjadi penyebab pneumonia.

Gejala umum dari kondisi ini meliputi:

· Demam tinggi

· Bernafas dengan cepat

· Peningkatan denyut nadi

· Berderak atau menggelegak di dada

· Jika cukup serius, gips berwarna biru ke membran mulut disebabkan oleh kekurangan oksigen

Pengobatan

Pneumonia bukanlah suatu kondisi yang harus dianggap enteng dan jika Anda merasa kucing menderita, Anda harus segera mencari dokter hewan. Sampai terlihat, simpan di tempat yang hangat dan kering dan gunakan pelembab jika memungkinkan. Pastikan mereka minum banyak air dan tidak memberi mereka obat batuk apa pun karena ini mencegah batuk – dengan pneumonia, batuk sangat penting untuk membersihkan saluran udara sehingga sebenarnya adalah hal yang baik.

Perawatan untuk kondisi ini akan sangat tergantung pada apa yang menyebabkannya. Oleh karena itu mungkin bahwa antibiotik diresepkan, atau penggunaan nebuliser. Pada kasus terburuk, mereka mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk menerima cairan dan terapi oksigen.

Kucing yang memiliki kondisi seperti ini sering tidak mau makan karena mereka tidak bisa mencium bau makanan untuk mengetahui bahwa itu aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, memberi mereka makanan berbau kuat seperti tuna kaleng bisa menjadi cara yang baik untuk membujuk mereka untuk makan sambil menghangatkan beberapa makanan dengan lembut juga mengeluarkan aroma.

Kondisi lain

Salah satu penyebab paling umum masalah pernapasan untuk kucing disebut efusi pleura – ini adalah akumulasi cairan di ruang pleura di sekitar paru-paru. Cairan menekan paru-paru dan menghentikannya mengisi dengan udara dengan benar dan kondisi ini lebih sering terlihat pada kucing daripada hewan lain. Kucing menderita dua kondisi yang dapat menyebabkan ini – peritonitis infeksi kucing dan leukemia kucing. Penyebab lain dapat termasuk kanker, penyakit hati dan gagal jantung kongestif.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh luka tusukan di dada saat berkelahi dengan hewan lain. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan nanah di paru-paru, yang dikenal sebagai empyema atau pyothorax.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *